Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Andalas (NIGAKKAI) Periode 2022/2023

Berakhirnya periode kepengurusan Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Andalas 2021/2022 mengharuskan dibentuknya periode baru dengan kepengurusan baru.

Pada Kamis, 17 Maret 2022, telah berlangsung Pelantikan Kepengurusan  Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang atau yang lebih dikenal dengan sebutan NIGAKKAI (Nihongo Gakusei Kai). Pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Acara ini mengundang Ibu Dr. Rima Devi, M. Si. selaku Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Andalas, Bapak Aulia Rahman, S.S., M.A. selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Andalas, dan juga Perwakilan dari Presiden Mahasiswa Negara Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Fera Yulina.

Pembacaan Al-Qur’an mengawali acara Pelantikan Kepengurusan NIGAKKAI periode 2022/2023 ini, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Universitas Andalas, dan Pembacaan Ikrar Janji oleh pengurus yang dipimpin oleh Ibu Dr. Rima Devi, M. Si.

Setelah Pembacaan Janji, Ketua NIGAKKAI periode sebelumnya, Rahmat Hidayat yang diwakili oleh Doni Amandola Putra, turut menyampaikan terima kasih dan pesan untuk kepengurusan periode selanjutnya, β€œSemoga kepengurusan selanjutnya bisa belajar dari periode sebelumnya, guna untuk menjadikan kepengurusan sekarang bisa menjadi jauh lebih baik lagi. Diharapkan untuk kepengurusan sekarang lebih semangat dan bisa menciptakan sesuatu yang baru, inovatif, dan kreatif, sehingga NIGAKKAI menjadi lebih bagus lagi”, tutur wakil ketua NIGAKKAI periode sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian program kerja yang akan diwujudkan dalam satu periode ke depan. Penyampaian program kerja dimulai dari Ketua Himpunan terpilih (Akbar Alfain Zahry), Wakil Ketua Himpunan (Habibie Trian Austar), Sekretaris Himpunan (Rafika Andriani), Bendahara (Yolanda Olivia), dan dilanjutkan oleh masing-masing koordinator departemen dalam kepengurusan NIGAKKAI yang baru. Penyampaian program oleh koordinator departemen yang diawali oleh Departemen PSDM (Mitra Kesuma yang diwakili oleh Shalma Aulia Aliana), Departemen Komunikasi dan Informasi (Najla Athaya Edward), Departemen Seni Budaya (Nurul Fadhilla), Departemen Jurnalistik (Hanna Tadriah), Departemen Dana Usaha (Putri Redha Lutfa Salsabila), Departemen Rumah Tangga (Rahmatul Akbar yang diwakilkan oleh Muhammad Haikal), dan departemen baru NIGAKKAI, Departemen Pemuda dan Olahraga (Doni Amandola Putra).

Pada rapat kerja, tiap-tiap departemen mendapatkan saran dan masukan melalui diskusi dengan partisipan rapat dengan tujuan agar program kerja nantinya dapat berjalan lancar dan sukses. Para pengurus NIGAKKAI yang baru bersama peserta rapat mendiskusikan saran dan masukan tersebut sehingga diterima dalam forum rapat. Hasil keputusan rapat kerja disahkan oleh DPP (Dewan Penasehat Pengurus) yang diwakili oleh M. Ilham. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama.

Dengan dilantiknya pengurus NIGAKKAI periode 2022/2023 ini, diharapkan Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang FIB Universitas Andalas akan semakin maju lagi dengan program kerja yang berjalan baik. Selamat dan semangat untuk Dewan Pengurus Himpunan NIGAKKAI yang baru.

Penulis: Hana Tadriah | Editor: Rima Devi | Admin: Ibnu Naufal