Kuliah Umum β€œPeran Bahasa Jepang dalam Kerjasama Jepang dan Indonesia”

Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas mengadakan kuliah umum bertemakan β€œPeran Bahasa Jepang dalam Kerjasama Jepang dan Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. pada hari Kamis, 9 Maret 2023

Narasumber pada kuliah umum kali ini adalah Bapak Asano Shunya, Konsul Muda dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan, serta dimoderatori oleh Ibu Dr. Rima Devi, S.S., M.Si., Ketua Program Studi Sastra Jepang Universitas Andalas. Kuliah Umum kali ini dibuka dengan sambutan oleh Ibu Dr. Rima Devi, S.S., M.Si. selaku Ketua Program Studi Sastra Jepang Universitas Andalas, Ibu Dr. Ike Revita, M.Hum., selaku Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, serta Bapak Khandra Fahmy, S.TP., MP., PhD., selaku Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas. Kuliah Umum ini turut dihadiri oleh para dosen dan juga mahasiswa Program Studi Sastra Jepang.

Bapak Asano Shunya menjelaskan tentang peran bahasa Jepang dalam hubungan kerja sama dua negara, terkhusus Indonesia dengan Jepang. Hubungan kerja sama Indonesia dan Jepang telah terjalin sejak tahun 1948 hingga saat ini. Bapak Asano secara sekilas juga menjelaskan kondisi negara Jepang secara interaktif dalam bentuk soal multiple choice sehingga mahasiswa antusias mendengarkan penjelasannya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan kuliah umum ini dapat menggerakkan hati mahasiswa untuk lebih bersemangat dalam mempelajari dan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang agar dapat menjadi jembatan penghubung antara Indonesia dan Jepang dalam segala bidang.

Penulis: Shalma Aulia Aliana  | Editor: Rima Devi | Admin: Ibnu Naufal